4 Langkah Menggunakan Gergaji Mesin

Cara Memulai Gergaji Mesin

gergaji mesin

Sebelum mengoperasikan gergaji, Anda harus membaca buku panduan supaya mengerti semua pengendalian dan fitur keselamatan. Selalu ikuti rekomendasi keamanan. Anda akan membutuhkan pakaian pelindung dibawah ini:

  • Topi yang keras
  • Pelindung telinga
  • Pelindung mata
  • Celana panjang (chaps adalah ide bagus)
  • Sarung tangan kerja
  • Sepatu berujung baja

Baik untuk Diketahui

Beberapa topi keras ada yang sudah memiliki pelindung telinga dan pelindung wajah.

 

Langkah 1

Untuk memulai pengoperasian gergaji mesin dengan mesin dingin, terlebih dahulu letakkan gergaji di tanah yang rata. Dorong rem rantai ke depan sampai terpasang.

 

Baik untuk Diketahui

Gergaji mesin dimulai dengan tarikan pelatuk. Model yang dijalin memerlukan kabel ekstensi yang sesuai. Ikuti petunjuk produsen perangkat untuk memilih kabel ekstensi yang cocok. Perhatikan lokasi kabel saat Anda memotongnya.

Langkah 2

Tekan kontrol start/choke ke posisi ON. Dorong katup dekompresi (jika Anda memilikinya) dan tekan bola lampu utama sekitar 6 kali.

Langkah 3

Selalu pegang pegangan depan dengan tangan kiri dan letakkan kaki kanan di pegangan belakang. Tarik pegangan awal dengan tangan kanan Anda hingga gergaji menyala.

Langkah 4

Dorong choke dan tarik lagi. Ketika gergaji mulai menyala, remas katup penutup dengan cepat untuk melepaskan idle tinggi-tinggi. Untuk menghentikan gergaji, matikan tombol sakelar.

 

Menggunakan Gergaji Mesin

Untuk memotong, pegang gagang depan dengan tangan kiri Anda – ibu jari dibungkus dibawahnya – dan ambil pegangan belakang dengan tangan kanan Anda. Posisikan kaki Anda terpisah supaya berdiri stabil dan tarik kembali rem rantai untuk melepaskannya. Kemudian, tekan katup penutup. Gergaji dapat memotong dengan baik ketika mesin berada pada kecepatan penuh.

  • Buat potongan Anda dari ujung batang. Memotong dengan bagian atas ujung bisa menyebabkan reaksi yang berbahaya dan mungkin melibatkan rem rantai. Jika terlibat hal tersebut, cukup tarik kembali untuk membuka kunci.
  • Posisi gergaji mesin yang baik untuk memotong adalah sejajar dengan pinggang, tidak pernah di atas bahu.
  • Hindari memotong di tempat yang terlalu dekat dengan tanah karena pisau bisa menggali tanah dan menendang ke belakang.
  • Cobalah untuk memotong dari sisi gergaji – tidak pernah sambil melayang di atas area kerja. Sebuah dorongan ke belakang di posisi ini bisa sangat berbahaya.
  • Anda bisa memotong ke bawah dengan bagian bawah batang – yang dikenal sebagai memotong dengan menarik rantai karena rantai menarik gergaji keluar dari Anda – atau ke atas dengan bagian atas batang – yang dikenal sebagai pemotongan dengan mendorong rantai, karena rantai mendorong gergaji ke arah anda.
  • Lihat juga: https://www.teknikmart.com/power-tools-dan-pengukuran/power-tools-listrik/gerinda-tangan.html

Peringatan

Jauhkan dari jangkauan orang lain setidaknya 15 kaki dari tempat Anda menggunakan gergaji. Saat sedang menebang pohon, tingkatkan jaraknya setidaknya sampai dua kali lipat tinggi pohon.

Reply