Autisme Menurut Dokter Spesialisnya

1. Autisme Menurut Dokter Spesialis Anak Autis

Autisme ialah suatu gangguan pertumbuhan pada pribadi yang menyebabkan pribadi tersebut merasakan sejumlah hambatan khususnya pada keterampilan sosialisasi, perilaku, serta komunikasi.

Dr Melly Budhiman SpKJ, seorang psikiatri anak mengaku ada sejumlah anak autis yang memang mesti ditolong dengan obat. Tujuannya untuk memicu pemahaman si anak sampai-sampai kemampuannya dapat timbul dan terapi pun dapat lebih cepat terserap.

Obat seringkali diberikan ke penderita autisme, agresif, dan susah tidur. Lalu, sebetulnya apakah hal yang dapat menyebabkan anak merasakan spectrum autisme ini?

Faktor yang menyebabkan anak bisa terkena autisme adalah lingkungan. Situasi lingkungan kini sudah kotor. Apabila seorang ibu ketika hamil tidak sedikit makan ikan laut yang berisi merkuri dan tersebut mengalir ke darah, kena ke janin dia telah teracuni dari kandungan.

Di samping itu, tidak sedikit polusi yang dapat menghasilkan timbal sehingga tidak sedikit anak-anak yang sesudah ia mencium timbal dari udara dia tidak dapat mengeluarkan lagi dan itu dapat merusak tubuh mereka.

2. Kenali Tanda Anak Autis

Adapun tanda-tanda fenomena autis dapat disaksikan dari tingkah laku anak :

• Tidak dapat memberikan kontak atau pandangan dan konsentrasi ke arah mata,
• Sering mengulang ucapan-ucapan yang sama,
• Tidak mengindikasikan minat guna bergaul dengan orang lain,
• Sering tertawa sendirian,
• Tidak merespon senyuman,
• Menghindari sentuhan fisik,
• Tenggelam pada dunia buatan sendiri,
• Suka pada hal-hal yang memunculkan cahaya, suara, serta gerakan,
• Tidak sensitif terhadap rasa sakit.

Ada cara untuk mengatasi autisme, salah satunya terapi dan pendidikan. Dokter spesialis anak, Hardiono D Pusponegoro berasumsi bahwa terapi dan pendidikan perlu dilakukan, tetapi tidak seluruh anak yang sudah menjalani terapi bisa langsung menghadapi ke kehidupan normal.

Ada pun anak autis yang sesudah terapi bisa langsung di sekolah negeri. Tetapi, ada pun yang memerlukan sekolah berkebutuhan khusus, sekolah peralihan, dan sekolah inklusi.

Ada cara lain untuk mengatasi autisme, yaitu dengan mengonsumsi obat. Ada beberapa obat anak autis autis yang bisa dicoba, seperti obat anti psikotik khusus anak yang mulai agresif. Agresif yang dimaksud adalah anak autis mengamuk dan mulai melukai diri sendiri. Perkembangan otak yang lamban pada anak autis bisa diatasi dengan mencoba mengonsumsi obat daya ingat yang mengandung ginkgo biloba.

Penanganan yang tepat akan mempercepat waktu penyembuhan anak autis. Orang tua tidak berputus asa untuk mencari metode yang cocok menyembuhkan anak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *