Perawatan Kulit: 5 Tips Untuk Kulit Yang Sehat

Tidak punya waktu untuk perawatan kulit secara intensif? Anda masih bisa memanjakan diri dengan mempelajari dasar-dasarnya. Perawatan kulit yang baik dan pilihan gaya hidup sehat dapat membantu menunda penuaan secara alami dan mencegah berbagai masalah kulit. Mulailah dengan lima kiat tanpa basa-basi di bawah ini.

Perawatan Kulit: 5 Tips Untuk Kulit Yang Sehat

1. Lindungi diri Anda dari sinar matahari langsung

Salah satu cara terpenting untuk merawat kulit Anda adalah melindunginya dari sinar matahari. Seumur hidup jika terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, bintik penuaan dan masalah kulit lainnya – serta meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk perlindungan matahari terlengkap dari Kapsida:

  • Gunakan tabir surya. Gunakan tabir surya berspektrum luas dengan SPF minimal 15. Terapkan tabir surya dengan murah hati, dan ulaskan kembali setiap dua jam – atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat.
  • Carilah tempat teduh. Hindari matahari antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore, ketika sinar matahari paling kuat.
  • Kenakan pakaian pelindung. Tutupi kulit Anda dengan kemeja lengan panjang yang dianyam dengan kencang, celana panjang, dan topi bertepi lebar. Juga pertimbangkan aditif cucian, yang memberikan pakaian lapisan tambahan perlindungan ultraviolet untuk sejumlah pencucian tertentu, atau pakaian pelindung matahari khusus – yang dirancang khusus untuk memblokir sinar ultraviolet.

2. Jangan merokok

Merokok membuat kulit Anda terlihat lebih tua dan berkontribusi pada kerutan. Merokok menyempitkan pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit, yang menurunkan aliran darah dan membuat kulit lebih pucat. Ini juga menghabiskan kulit oksigen dan nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit.

Merokok juga merusak kolagen dan elastin – serat yang memberi kekuatan dan elastisitas kulit Anda. Selain itu, ekspresi wajah berulang yang Anda buat saat merokok – seperti mengerutkan bibir saat menghirup dan menyipitkan mata untuk mencegah asap – dapat menyebabkan kerutan.

Selain itu, merokok meningkatkan risiko kanker kulit sel skuamosa. Jika Anda merokok, cara terbaik untuk melindungi kulit Anda adalah berhenti merokok. Tanyakan kepada dokter Anda untuk tips atau perawatan untuk membantu Anda berhenti merokok.

3. Perlakukan kulit Anda dengan lembut

Pembersihan dan pencukuran setiap hari dapat mempengaruhi kulit Anda. Untuk membuatnya tetap lembut:

  • Batasi waktu mandi. Air panas dan mandi atau mandi panjang menghilangkan minyak dari kulit Anda. Batasi waktu mandi atau mandi Anda, dan gunakan hangat – bukan air panas.
  • Hindari sabun yang kuat. Sabun dan deterjen yang kuat dapat menghilangkan minyak dari kulit Anda. Sebaliknya, pilihlah pembersih ringan.
    Cukur dengan hati-hati. Untuk melindungi dan melumasi kulit Anda, oleskan krim cukur, lotion atau gel sebelum bercukur. Untuk mencukur paling dekat, gunakan pisau cukur yang bersih dan tajam. Bercukur ke arah rambut tumbuh, bukan melawannya.
  • Pat kering. Setelah mencuci atau mandi, tepuk-tepuk lembut atau bersihkan kulit Anda kering dengan handuk sehingga beberapa kelembaban tetap pada kulit Anda.
  • Melembabkan kulit kering. Jika kulit Anda kering, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan pelembab yang mengandung SPF.

4. Makan makanan yang sehat

Diet sehat dapat membantu Anda melihat dan merasakan yang terbaik. Makan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak. Hubungan antara diet dan jerawat tidak jelas – tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya akan minyak ikan atau suplemen minyak ikan dan rendah lemak tidak sehat dan karbohidrat olahan atau olahan dapat meningkatkan kulit yang tampak lebih muda. Minum banyak air membantu menjaga kulit Anda terhidrasi.

5. Mengontrol stres

Stres yang tidak terkontrol dapat membuat kulit Anda lebih sensitif dan memicu jerawat dan masalah kulit lainnya. Untuk mendorong kesehatan kulit – dan keadaan pikiran yang sehat – ambil langkah-langkah untuk mengatasi stres Anda. Dapatkan tidur yang cukup, tentukan batas yang wajar, kurangi daftar tugas Anda dan luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Hasilnya mungkin lebih dramatis dari yang Anda harapkan.

Reply